INFORMASI :

"Selamat datang di website Desa Semali" Salam sejahtera untuk kita semua...

PERUBAHAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDes) Tahun 2023

PERUBAHAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDes) Tahun 2023

PERUBAHAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA (APBDes) Tahun 2023 

Mengapa Harus Ada Perubahan APB desa?

Perubahan Peraturan Desa tentang APBDes dapat dilakukan apabila terjadi: keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran antar jenis belanja; keadaan yang menyebabkan SilPA tahun sebelumnya harus digunakan; penambahan dan/atau pengurangan pendapatan desa pada tahun berjalan.

Kapan perubahan APBDes bisa dilakukan?

Perubahan APBDes hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun anggaran, kecuali dalam keadaan luar biasa untuk kemudian ditetapkan dalam peraturan Desa mengenai perubahan APBDes dengan tetap mempedomani RKPDes yang sudah ditetapkan.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa, selanjutnya disebut APBDesa, adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan Desa yang dibahas dan ditetapkan oleh Kepala Desa bersama Badan Permusyawaratan Desa melalui Peraturan Desa.

Berapa persen dana desa untuk BLT tahun 2023?

Pada Tahun 2023 ini Dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai dibatasi minimal 10 persen, dan maksimal 25 persen. Persentase bantuan langsung tunai itu diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2023.

Pada hari Rabu tanggal 27 September 2023 telah dilaksanakan Musyawarah Desa Pembahasan Rancangan APBDES Perubahan Tahun 2023 bertempat di Balai Desa Semali Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen. Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Drs. Yoso Raharjo, M.Si selaku Camat Sempor beserta staf-stafnya, Koramil Sempor yang di wakili oleh Bapak Teguh Toto Raharjo, Polsek Sempor yang diwakili oleh Bapak Yudi, Pendamping Desa, Ketua BPD Bapak Catur Priyono beserta anggotanya, Kepala Desa Semali beserta Perangkatnya dan para lembaga lainnya LPMD,KPMD,KPM,RT,RW,PKK,Karangtaruna dan Tokoh masyarakat. 

Acara dibuka dengan Bacaan Basmallah dan di lanjutkan Manyanyikan Lagu Indonesia raya dan Mars Kebumen. Sambutan Pertama Kepala Desa Semali menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua hadirin yang sudah menyempatkan hadir di acara ini. Sambutan Kedua Oleh Bapak Camat Sempor juga mengucapkan terima kasih kepada semua hadirin yang hadir dalam acara Pembahasan Rancangan APBDES Perubahan Tahun 2023 mudah-mudahan acara berjalan dengan lancar dan masyarakat dapat mengetahui proses dalam musyawarah tersebut dan apabila masyarakat yang belum mengetahui agar dapat menyampaikannya.

Acara Selanjutnya Pemaparan Rancangan APBDES Perubahan Tahun 2023 yang telah disusun. Pemaparan Tersebut disampaikan oleh Sekretaris Desa bahwa APBDES Perubahan ini telah disusun sesuai peraturan yang baru ada kegiatan yang berkurang dan ada yang bertambah sesuai kebutuhan. 

Pada hari Jum'at tanggal 29 September 2023 kita Musyawarah Desa Penetapan Rancangan APBDES Perubahan Tahun 2023. Dalam hal ini Kepala Desa Semali mungucapkan banyak-banyak terima kasih kepada semua unsur lembaga masyarakat yang telah mengikuti proses dari Pembahasan Rancangan APBDES Perubahan dan hari ini Penetapan Rancangan APBDES Perubahan Tahun 2023, semoga bermanfaat bagi masyarakat Desa Semali. dan Sambutan yang terakhir yaitu dari BPD untuk Menetapkan Rancangan APBDES Perubahan Tahun 2023 dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh perwakilan unsur masyarakat yang hadir. 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Transparansi Anggaran

Statistik Pengunjung