INFORMASI :

"Selamat datang di website Desa Semali" Salam sejahtera untuk kita semua...

Kegiatan Edukasi Pemanfaatan Barang Bekas dan Demonstrasi Cuci Tangan di SD Negeri 2 Semali Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen

Kegiatan Edukasi Pemanfaatan Barang Bekas dan Demonstrasi Cuci Tangan di SD Negeri 2 Semali Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen

Pada tanggal 27 Juli 2024, Mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Kelompok 14 bersama siswa-siswi SD Negeri 2 Semali, melaksanakan kegiatan pemanfaatan barang bekas dan demonstrasi cuci tangan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan dan kesehatan pribadi. Kegiatan ini dihadiri oleh Siswa, Kepala Sekolah, dan Guru. “Saya selaku Kepala Sekolah SD Negeri 2 Semali merasa senang dengan kehadiran Mahasiswa KKN, dengan kehadihan panjenengan semua memberikan warna baru bagi SD Negeri 2 Semali”, ujar Bapak Romelan Kepala Sekolah SD Negeri 2 Semali.

Kegiatan tersebut diawali dengan edukasi mengenai pemanfaatan barang bekas, dimana yang dicontohkan yaitu botol bekas yang diolah menjadi hiasan, dilanjutkan dengan pengenalan materi tujuh langkah cara mencuci tangan yang baik dan benar. Langkah yang pertama yaitu memasukkan tanah kedalam botol yang sudah dibersihkan dan diwarnai. Setelah itu, siswa diarahkan untuk menghias taman di depan perpustakaan menggunakan botol yang sudah diisi dengan tanah tersebut. Kemudian, botol-botol tersebut disusun sejajar membentuk seperti pagar tanaman. Dalam kegiatan pemanfaatan barang bekas ini tidak hanya melatih kreativitas siswa, tetapi juga memperkenalkan cara-cara mengurangi penggunaan barang sekali pakai dan menemukan alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Selain pemanfaatan barang bekas, Mahasiswa KKN dan siswa SD Negeri 2 Semali juga melaksanakan kegiatan demonstrasi cuci tangan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan tangan. Dalam kegiatan ini Mahasiswa KKN menjelaskan langkah-langkah mencuci tangan yang benar, mulai dari membasahi tangan, mengoleskan sabun, menggosok tangan selama minimal 20 detik, hingga membilasnya dengan air mengalir.

Siswa diajak untuk berpartisipasi langsung dalam demonstrasi ini, sehingga mereka dapat memahami dan mengingat langkah-langkah tersebut dengan baik. Kegiatan ini juga dilengkapi dengan penyuluhan mengenai kapan dan mengapa cuci tangan itu penting, seperti sebelum makan, setelah menggunakan toilet dan setelah beraktivitas di luar rumah. Kedua kegiatan ini memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa dalam membentuk karakter untuk menjadi individu yang peduli terhadap lingkungan dan kesehatan. Dengan mengintegrasikan kegiatan ini kedalam pembelajaran sehari-hari, SD Negeri 2 Semali berkontribusi dalam menciptakan generasi yang lebih sadar lingkungan dan lebih sehat.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter