INFORMASI :

"Selamat datang di website Desa Semali" Salam sejahtera untuk kita semua...

Pembuatan Bubur Singkong Saus Buah Naga sebagai Inovasi PMT untuk Balita di Posyandu Teratai Desa Semali

Pembuatan Bubur Singkong Saus Buah Naga sebagai Inovasi PMT untuk Balita di Posyandu Teratai Desa Semali

Semali, 8 Agustus 2024- Mahasiswa KKN 54 Kelompok 14 Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto mengadakan kegiatan Pembuatan Bubur Singkong Saus Buah Naga sebagai Inovasi PMT untuk Balita di Posyandu Teratai Desa Semali. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas gizi pada balita di Desa Semali.

            Kegiatan tersebut diawali dengan pemaparan materi terkait dengan kandungan yang terdapat pada bubur singkong dan saus buah naga. Singkong dipilih sebagai bahan utama karena kandungannya yang kaya akan karbohidrat, serat, serta vitamin dan mineral yang penting bagi pertumbuhan balita. Sedangkan buah naga dipilih karena mengandung protein, serat, karbohidrat , zat besi dan sebagainya. Program ini juga diharapkan dapat memberdayakan masyarakat lokal dengan memanfaatkan hasil perkebunan setempat.

            Selain itu, Mahasiswa KKN 54 Kelompok 14 Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto juga menjelaskan kepada ibu-ibu mengenai cara mengolah bubur singkong mulai dari proses pemilihan singkong yang berkualitas sampai tahap pleating. Selain itu, program ini melibatkan petani lokal dalam proses penyediaan singkong yang berkualitas.

            Kegiatan ini mendapatkan sambutan positif dari masyarakat dan turut dihadiri oleh Bu Bidan Parni Selaku Bidan di Desa Semali yang menyatakan dukungannya terhadap program inovasi yang dibuat oleh mahasiswa KKN, “Ini beneran enak sekali bubur singkongnya”, ujar Bu Bidan Parni, “Inilah mahasiswa KKN dengan inovasi kreatifnya”, ujar Pak Ruli salah satu anggota KPM. “buburnya enak, anak saya makan habis banyak”, ujar salah satu orang tua balita.

            Dengan adanya program ini, mahasiswa KKN 54 Kelompok 14 Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, berharap dapat berkontribusi dalam memberikan inovasi baru dalam meningkatkan status gizi di Desa Semali dan memperkuat peran posyandu sebagai pusat kesehatan masyarakat yang inovatif.

 

Penulis: Uswatun Hasanah

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter