INFORMASI :

"Selamat datang di website Desa Semali" Salam sejahtera untuk kita semua...

Sosialisasi Aksi Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim Pengelolaan Sampah dan Sirkuler Ekonomi di TPA Semali

Sosialisasi Aksi Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim Pengelolaan Sampah dan Sirkuler Ekonomi di TPA Semali

Dalam pertemuan kali ini senin (31-07-2023) bertempat di Balai Desa Semali kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen, dari Dinas Lingkungan Hidup Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen mengadakan Sosialisasi tentang Pengelolaan sampah organik maupun sampah anorganik dan Gas rumah Kaca. Pertemuan ini di hadiri oleh Kepala UPTD DLHKP wilayah Barat Bapak Romdoni, Kasubag TU UPTD PALS Wilayah Barat Ibu Sri Murniasih, S.Si.M.Ling beserta stafnya, Kepala Desa Semali beserta perangkat,RW,RT ,Lembaga desa dan tokoh masyarakat yang tinggal disekitar TPA Semali.

Narasumber yang pertama di isi oleh Bapak Moh Abduh Rais tentang Pengelolaan Sampah organik dalam lingkungan rumah tangga. Narasumber yang kedua di isi oleh Bapak Ardan dari Tfl DLHKP tentang pengelolaan sampah rumah tangga anorganik. Setiap orang dalam pengelolaan  sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga wajib mengurangi dan menangani sampah dengan cara yang berwawasan lingkungan.

Dasar Hukum :

1.       UU No. 18/2008 tentang Pengelolaan Sampah

2.       PP No. 81/2012 tentang Pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga

3.       PP No. 27/2020 tentang sampah spesifik

4.       Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen No. 34/2011 tentang Pengelolaan Sampah

5.       Peraturan Bupati Kebumen No. 46/2018 tentang kebijakan dan strategi daerah dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga

6.       Surat Edaran Bupati Kebumen No. 660.1/0370 tentang Pengurangan Penggunaan Plastik tanggal 18 Februari 2018

Dalam hal ini kita sebagai warga Desa Semali yang mempunyai TPA (Tempat Pemprosesan Akhir Sampah) untuk lebih giat memilah-milah sampah agar Bank Sampah di Desa Semali lebih berkembang dan warga juga ikut mendapatkan hasilnya.

Dan untuk di TPA Semali rencana tahun 2024 akan dibangun Pengelolaan Gas Metan yang berasal dari sampah yang akan di danai oleh CSR dari PT Sucofindo, Pengelolaan Gas Metan yang menjadi Biogas akan dialirkan ke rumah-rumah warga setempat untuk kebutuhan sehari-sehari guna memasak.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter